Cara Menghubungkan Blog Wordpress dengan Forum PHPBB



Cara Menghubungkan Blog Wordpress  dengan Forum PHPBB, yaitu CMS website gratis berbasis Forum. Jika Anda ingin membuat atau menambahkan situs blog Wordpress Anda dengan sebuah Forum komunitas, Anda bisa mencoba menggabungkan 2 platform yang berbeda yaitu Wordpress dengan PHPBB. Mengapa PHPBB ?

Karena selain gratis PHPBB juga didukung oleh komunitas developer yang ikut mengembangkan fitur-fiturnya seperti layaknya Wordpress. Platform Wordpress yang dibutuhkan untuk proses integrasi ini adalah Wordpress self hosting atau menggunakan Wordpress.org.

Saya sudah mencobanya dan sedang mengamati Bug yang mungkin timbul dari proses integrasi ini. Syarat dari penggabungan ini adalah kedua situs harus sudah terinstall dan Online dengan normal, Anda harus check dahulu fungsi-fungsi pada kedua website yang berbeda tersebut sebelum melakukan penggabungan atau integrasi.

Cara Menghubungkan Blog Wordpress  dengan Forum PHPBB


Disini saya beranggapan kalau Instalasi Wordpress yang ada yaitu pada Situs Utama Anda dan penambahan Situs Forum pada Sub-Directory dari website utama tersebut. Sebenarnya bisa saja menjadikan Forum sebagai situs utama dan Wordpress di Sub-Directory namun caranya saja yang sedikit berbeda namun sama dalam konsepnya.

Langkah Persiapan 


Berikut persiapan sebelum Anda melakukan proses integrasi, Anda bisa mengikuti langkah-langkah yang saya tulis ataupun langkah lain bila Anda sudah terbiasa dalam urusan oprak-oprek website ini. Persiapan yang harus dilakukan adalah :

  1. Backup semua file & database dari website Wordpress Anda, hal ini guna berjaga-jaga apabila terjadi error dalam proses penggabungan Wordpress dan PHPBB.

  2. Download PHPBB dari situsnya yaitu phpbb.com atau versi modifikasinya ialah phpbb-seo.com, disini versi phpbb yang saya coba adalah phpbb-seo versi 3.0.13 CLI.

  3. Download Plugin Wordpress WP-United, Anda bisa mencarinya di Repository Wordpress ataupun pada halaman Github dari pembuatnya disini :   . Sebenarnya Plugin yang dibutuhkan adalah 2 buah plugin yaitu plugin untuk Wordpress & Plugin untuk PHPBB yang biasa disebut MOD. Di Repository Wordpress hanya tersedia versi Wordpressnya saja, untuk versi lengkapnya Anda bisa dapatkan di Github.

  4. Download Automod dari PHPBB, yaitu tool untuk instalasi plugin atau MOD pada PHPBB, karena sebenarnya di PHPBB berbeda dengan Wordpress, semua instalasi plugin atau MOD biasanya diinstal dengan manual yaitu mengedit Core File pada PHPBB tersebut. Dengan Automod proses tersebut dapat diminimalisir menjadi lebih mudah & cepat.

  5. Buat Folder atau Sub-Directory di dalam Root folder situs utama Anda. Nama Folder ini akan menjadi URL Path dari Forum yang akan kita buat nanti, disini saya menamakan folder tersebut dengan nama "forum" karena URL yang saya tuju adalah menjadi : http://www.situs-utama-anda.com/forum/

  6. Apabila sudah siap semua, kita bisa langsung menuju langkah utama dalam proses penggabungannya.


Langkah-langkah Menghubungkan Blog Wordpress  dengan Forum PHPBB


Disini saya tidak akan menjelaskan proses cara instalasi PHPBB secara detail, karena saya anggap Anda sudah biasa menginstallnya. Hal utama yang saya ingin ulas adalah proses penggabungannya. Berikut langkah-langkah dalam membuat Wordpress Forum dengan PHPBB :

  1. Install Plugin WP-United pada Wordpress, setelah selesai Anda bisa mengaktifkan Plugin tersebut. Tapi ingat jangan dulu disetting sebelum di PHPBB terinstall MOD dari WP-United.

  2. Install Automod pada PHPBB, proses install disini sebenarnya dengan meng-copy file-file yang ada pada folder dari Automod tersebut ke dalam folder PHPBB di situs kita sesuai urutan folder yang ada pada Automod.

  3. Install WP-United MOD untuk PHPBB dengan menggunakan Automod, yaitu dengan mengupload MOD dari WP-United tersebut dari Tab Automod pada Administrator Control Panel. biasanya terdapat 1 notifikasi error dalam proses instalasi MOD ini, dan dapat diatasi dengan meng-copy dan menambahkan sebaris script yang kurang tersebut ke file Theme atau Style yang kita pakai. Untuk uji coba pertama Anda sebaiknya menggunakan Theme / Style bawaan PHPBB yaitu "prosilver". Script yang perlu dicopy adalah biasanya :
    <!-- IF PHPBB_BASE --><base href="{PHPBB_BASE}" /><!-- ENDIF --> dan tambahkan pada tempate overal_header.html dari Prosilver, yaitu setelah <TITLE></TITLE>. Jika sudah Anda bisa Force Install dengan Automod tersebut.  Jika notifikasi errornya lebih dari satu, Anda bisa ikuti dengan cara yang sama yaitu mengcopy script dari notifikasi yang belum ditambahkan secara manual.

  4. Setelah WP-United terinstal di kedua situs, Anda bisa menghubungkannya melalui Dashboard Panel Wordpress dengan mengarahkan plugin tersebut pada Sub-Directory tempat instalasi dari PHPBB Anda. File yang dibutuhkan untuk koneksi adalah config.php dari PHPBB tersebut. Setelah diarahkan, Anda bisa menekan tombol "CONNECT". jika berhasil akan terdapat notifikasi bahwa Wordpress Anda sudah terhubung dengan PHPBB.

  5. Anda bisa setting fitur-fitur dari plugin ini seperti Integrasi User, Integrasi Theme, Cross Posting, dan lainnya.

Demikian ulasan kali ini, jika Anda ingin sharing atau bertanya lebih jauh mengenai setting Plugin tersebut, Anda bisa menanyakannya di kolom komentar dibawah ini. Sampai jumpa lagi !
Labels: cara membuat wordpress, forum phpbb, Website amp; Blog

Thanks for reading Cara Menghubungkan Blog Wordpress dengan Forum PHPBB. Please share...!

0 Comment for "Cara Menghubungkan Blog Wordpress dengan Forum PHPBB"

Back To Top