Lomba Blog dengan Kontes SEO



Hallo Blogger semua, pastinya buat para master Blogger sudah tidak asing lagi Lomba Blog dengan Kontes SEO. Artikel kali ini sekedar sharing pengalaman perdana saya seputar Lomba Blog dengan Kontes SEO. Ketertarikan saya dengan dunia SEO telah membawa saya untuk mengikuti salah satu Kontes SEO yang diselenggarakan oleh beberapa penyelenggara salah satunya adalah di kontesseo.com. Situs ini ternyata merupakan salah satu portal penyelenggara Kontes SEO yang banyak diikuti oleh Blogger di Indonesia.

Awal mula ketertarikan saya untuk ikut adalah hadiah yang ditawarkan, maklum penghasilan PPC Adsense saya masih tergolong sangat minim untuk penghasilan di dunia maya. Hal yang kedua adalah untuk menguji ketajaman SEO dari Blog dan Website yang saya miliki saat ini, yang dari dulu saya belum mempunyai tolak ukur yang jelas dengan seberapa kuatnya Blog & Website saya dalam membawa "keyword" yang dikejar pada SERP Google. Hal yang ketiga adalah mencari pengalaman dengan belajar dari para Blogger yang sudah sering ikutan Kontes SEO, melalui trik-trik apa saja yang dilakukan dalam menaikkan rangking Blog mereka dalam SERP.

Singkat cerita saya mencoba ikutan Kontes SEO dengan pengalaman apa adanya, saya mendaftar sekitar tanggal 25 desember 2015 di kontesseo.com. Saat saya mendaftar sudah ada 6 kontes dari 6 client yang berbeda-beda, ada 3 yang sudah selesai dan 3 pula yang sedang berjalan. Kontes perdana di kontesso.com mulai diselenggarakan pada 23 Juni 2014 , berarti sudah sekitar 2 tahun kontesseo.com ini berkiprah dalam menyelenggarakan Kontes SEO. 3 kontes yang sedang berjalan tersebut adalah :
  1. iShared Indonesia : dengan keyword "Informasi Hiburan, Dunia Pendidikan dan Kecantikan Terbaik di Jakarta"
  2. ICAN Education Consultant : dengan keyword "ICAN Education Consultant, Konsultan Pendidikan Luar Negeri, Sekolah di Luar Negeri, Kuliah di Luar Negeri, Universitas di Luar Negeri, Studi ke Luar Negeri"

  3. EduApps.co.id : dengan keyword "EduApps.co.id Soal Ujian Nasional, Ujian Sekolah dan Ulangan Harian Terlengkap Di Indonesia"

Karena hadiah dan persyaratan kontes yang bervariasi, tentunya saya memilih untuk ikutan dengan hadiah yang paling besar saat itu yaitu Informasi Hiburan, Dunia Pendidikan dan Kecantikan Terbaik di Jakarta oleh Ishared Indonesia.  Persyaratan yang wajib untuk ikutan kontes adalah memasang banner yang telah disediakan dan memberikan backlink sebanyak 4 backlink dengan anchor text dalam artikel yang dilombakan, juga meberikan like pada Facebook & Tweeter dari kontesseo.com dan Ishared Indonesia. Isi artikel wajib unik dan bukan hasil kopas, dengan minimum kata yang telah ditentukan.

Alhasil artikel berhasil saya buat dengan waktu yang cukup lama bagi seorang Blogger pemula seperti saya :), dari sisi On-Page SEO saya periksa berkali-kali untuk menciptakan artikel yang SEO Friendly. Media pendukung pun saya tambahkan seerti gambar & video. Setelah semua selesai saatnya publish artikel dan menerapkan Off-Page SEO pada artikel tersebut. Disinilah saya mempelajari bagaimana teknk-teknik dari Blogger lain yang lebih berpengalaman dengan melihat dan mengamati Blog-blog lain dengan urutan teratas pada SERP. Wah, ternyata banyak sekali Blogger yang ikutan kontes ini dengan dominasi platform yang digunakan adalah Blogspot & Wordpress.

Seminggu setelah publish, artikel saya hanya menempati urutan halaman ke-7 Google, bukan urutan ke-7 lho ya :), saya pun bergerilya untuk mencari backlink sebagai penerapan SEO Off-Page. Disinilah saya menemukan kesulitan karena saya tidak memiliki resource yang cukup yaitu tempat menaruh backlink. Ditambah lagi secara keseluruhan situs saya ini sangat minim konten, karena cuma memiliki 4 artikel. Secara logika robot mesin pencarian belum banyak mengenal situs saya ini karena sangat sedikit posting dan halaman yang pernah di index oleh mereka.

Hampir setiap hari saya mengamati perkembangan artikel kontes saya pada SERP, dan alangkah kagetnya saya melihat stus client penyelenggara kontes yaitu Ishared.id sudah menempati halaman ke-2 Google. Padahal jika ditinjau dari sisi SEO yang saya amati, situs ini tergolong kurang baik dalam penerapan SEO nya. Hal tersebut dapat dilihat dalam pemberian Meta Title, Meta Description, juga pemberian Heading pada situs mereka. Lalu mengapa situs ini bisa sangat cepat menempati posisi dalam SERP ?

Hal tersebutlah yang memberikan saya pengalaman & ilmu baru dalam SEO. Kontes SEO ini benar-benar memberikan hasil nyata dari penerapan SEO baik pada penyelenggara, peserta, dan client dari kontes itu sendiri. Ditengah keraguan saya yaitu alogaritma Penguin Google dalam hasil penerapan SEO Off-Page yaitu pencarian Backlink, saya telah mendapatkan pengetahuan baru tentang seberapa kuatnya backlink ini dengan pengaruhnya terhadap posisi di SERP.

Kesimpulan Saya setelah ikut Lomba Blog dengan Kontes SEO


Berikut kesimpulan saya setelah mengikuti Lomba Blog dengan Kontes SEO, hal ini tentunya bukan hal mutlak tetapi merupakan hal penting yang perlu dicermati jika Anda tertarik juga untuk ikut dalam Kontes SEO. Kesimpulan saya diantaranya adalah :

  1. Backlink adalah faktor utama dalam penempatan posisi dalam SERP, hal ini bisa dilihat nyata pada situs Ishared.id yaitu sebagai client penyelenggara kontes yang dapat menempati posisi dalam SERP dalam waktu yang begitu cepat dengan target keyword yang mereka kejar. Hal ini bisa ditelaah dengan logika matematis sebagai berikut :  Jika 1 peserta kontes disyaratkan memberikan 3 backlink ke Ishared.id, secara otomatis Ishared sudah mendapatkan 3 backlink gratis dari artikel pesertanya dengan tanpa Optimasi SEO sekalipun. Jika peserta kontes yang ikut sebanyak 200 peserta, maka backlink yang didapatkan oleh Ishared tinggal dikalikan saja dengan 3 yaitu 600 backlink gratis. Hal ini lah yang membawa posisi Ishared pada halaman ke 2 di SERP Google meskipun tanpa Optimasi SEO On-Page pada situs mereka.

  2. Content Is The King tidak berlaku dalam Lomba Blog dengan Kontes SEO, alias tidak begitu mempengaruhi hasil SERP. Entah berapa lama pandangan ini akan bertahan seiring perubahan alogaritma Google, karena Google berkehendak untuk memperbaiki sistem rangking mereka. Banyak sekali kontroversi dari Pakar dan pengamat SEO terhadap pandangan ini, kenyataannya seperti yang saya lihat dalam kontes yaitu Baclink is The King.

  3. Platform Blogspot (blogspot.co.id, blogspot.com) begitu kuat dalam memperoleh posisi pada SERP Google. Disini kemungkinan besar karena DA yaitu Domain Authority yang dimiliki oleh Blogspot sudah tinggi, itulah sebabnya artikel-artikel dari blogspot bisa sangat cepat terindex dan menempati urutan pada SERP.

  4. Kontes SEO yang diselenggarakan ini bertujuan untuk menaikkan posisi SERP pada penyelenggara & client kontes, itulah mengapa persyaratan wajibnya adalah memberikan 3 backlink ke client dan 1 backlink ke penyelenggara. Hal tersebut tentunya wajar saja karena peserta Lomba Blog dengan Kontes SEO tidak dipungut biaya sama sekali alias gratis. Jadi peserta disini tidak mebayar dengan menggunakan uang, tetapi dengan menggunakan Backlink.

 Saran saya jika Anda ingin mengikuti Lomba Blog dengan Kontes SEO ialah :

  • Pastikan Blog & Web sudah memiliki Backlink yang banyak & Anda sudah memiliki tempat penaruhan backlink yang tetap dan banyak. Saya sangat berhati-hati dalam hal ini terlebih jika menggunakan Domain sendiri, suatu saat Google akan mendeteksi Link tidak natural (Un-Natural Link)  yang dianggap SPAM oleh Google. Hukuman dari kesalahan penanaman backlink yaitu dengan De-Index Blog & Web kita.

  • Jangan pernah mengikuti  Lomba Blog dengan Kontes SEO dengan hadiah yang kecil, karena hal tersebut hanya menguntungkan pihak dari penyelenggara & client kontes kecuali tujuan Anda adalah dalam mempelajari teknik SEO. Semakin banyak peserta kontes semakin banyak pula backlink yang didapatkan oleh mereka, jika hadiah yang disuguhkan kecil, maka tidak sebanding dengan backlink yang mereka dapatkan.

  • Jika Anda seorang pemilik Website ataupun ingin menaikkan rangking dari website pribadi ataupun perusahaan, Anda bisa mendaftarkan diri ataupun menjadi client dari penyelenggara Kontes SEO seperti kontesseo.com atau yang lainnya. Sebab hasilnya terbukti nyata yaitu dengan konsep Link Building Pyramid, yang akan menaikkan rangking website Anda dalam waktu yang sangat cepat. Tentunya akan lebih baik jika ditunjang dengan penerapan SEO On-Page yang baik pada website Anda.

Baiklah, cukup sekian ulasan artikel saya kali ini, lebih kurangnya saya mohon maaf :),
Labels: kontes seo, lomba blog, Website amp; Blog

Thanks for reading Lomba Blog dengan Kontes SEO. Please share...!

0 Comment for "Lomba Blog dengan Kontes SEO"

Back To Top