Inilah Website Pertama di Dunia Yang Masih Online Sampai Sekarang




Website pertama di dunia yang dibuat pada tahun 1991 ternyata masih online sampai sekarang. Bayangkan bagaimana tampilan dari Website pertama di dunia ini. Orang yang membuat Website pertama di dunia ini adalah tokoh ilmuan komputer yang juga penemu internet berkebangsaan Inggris yang bernama Tim Berners-Lee.



Saya sempat kaget juga kalau ternyata Website ini masih online sampai saat ini dimana perkembangan internet dan Website sudah berkembang begitu pesatnya. Namun tidak ada salahnya kalau kita kilas balik untuk mengenang hasil karya dari Tim Berners-Lee yang dapat kita nikmati sampai sekarang.

Sejarah Awal Website Pertama di Dunia


Tim Berners-Lee mempunyai nama lengkap Sir Timothy John Berners-Lee, biasa dipanggil Tim BL yang lahir pada tanggal 8 Juni 1955. Belau adalah seorang ilmuan komputer yang juga merupakan seorang penemu web browser pertama pada internet dan juga merupakan Direktur dari World Wide Web Consortium yang biasa kita kenal dengan singkatan W3C.

Sejarah Website pertama dimulai pada tahun 1989 oleh Tim BL yang memiliki ide untuk menggabungkan 2 teknologi yang berbeda antara hypertext dan internet. European Organization for Nuclear Research (CERN) adalah perusahaan yang ia bekerja untuk mewujudkan idenya tersebut di Geneva Sitzerland.

Di tahun 1990 proposal atas idenya tersebut diterima CERN, ia pun mulai membuat Web Browser pertama yang juga berfungsi sebagai editor yang diberi nama WorldWideWeb pada komputer dengan Operating System NextStep. Inilah tampilan Web Browser pertama di dunia sebelum Yahoo dan Google memulai kiprahnya :



Kemudian Tim BL juga membuat Web Server pertama yaitu CERN HTTPd singkatan dari Hypertext Transfer Protocol Daemon. Web Server pertama ini pada waktu itu hanya menggunakan Desktop PC yang juga menggunakan Operating System NextStep. Inilah tampilan Web Server pertama di dunia :




Akhirnya Website pertama di dunia pun berhasil dibuat oleh Tim BL di CERN yang pertama kali online pada tanggal 6 Agustus 1991. Website ini mempunyai nama domain info.cern.ch, halaman website pertama yang dibuat pada waktu itu beralamat di http://info.cern.ch/hypertext/WWW/TheProject.html. Inilah tampilan dari Website pertama di dunia :




Sangat sederhana tapi sungguh menakjubkan, Website pertama di dunia tersebut masih online sampai sekarang dan bisa Anda jumpai disini. Tim Berners-Lee berhasil menjadi Bapak Website sedunia yang sangat berjasa bagi kita semua. Semua halaman website, browser, yang ada saat ini tidak akan kita jumpai tanpa jerih payah beliau. Sekian dulu dari saya, sampai jumpa lagi :-)
Labels: Internet, Teknologi, Website amp; Blog, website pertama

Thanks for reading Inilah Website Pertama di Dunia Yang Masih Online Sampai Sekarang. Please share...!

0 Comment for "Inilah Website Pertama di Dunia Yang Masih Online Sampai Sekarang"

Back To Top