Ciri-ciri Template Blog SEO Friendly



Ciri-ciri Template Blog SEO Friendly adalah beberapa ciri yang terdapat pada Template atau Theme dari suatu Blog yang dapat mempengaruhi keberhasilan Anda dalam meraih ranking yang baik dan juga stabil pada hasil pencarian Google SERP.

Kemajuan algoritma Google saat ini telah banyak merubah cara pandang para Blogger, Webmaster, dan juga Internet Marketer yang saling berlomba dalam meraih rangking Google.

Namun saat ini meraih ranking tersebut saja tidaklah cukup, hal tersulit yang akan kita hadapi setelah meraih rangking tersebut adalah menjaganya agar tetap stabil dan tahan lama.

Jika dahulu para Blogger, Webmaster, dan juga Internet Marketer hanya cenderung menggunakan Template SEO Friendly saja pada setiap situsnya, maka kini sepertinya kita juga harus mulai memperhatikan sisi lainnya yaitu sisi User Friendly dalam Template atau Theme tersebut.
 Mungkin masih ada yang belum mengerti istilah SEO Friendly ?

Baiklah, agar semuanya mengerti sebelumnya saya akan mencoba memperinci secara detail tentang konsep dan cara pandang saya mengenai Template SEO Friendly sehingga kita bisa menentukan ciri-ciri apa saja yang masuk dalam kriteria tersebut.

Istilah SEO Friendly 


Istilah SEO Friendly yang dimaksudkan disini adalah ramah mesin pencari (search engine). Template tersebut juga diibaratkan menjadi "rompi" atau "pakaian" dari penerapan SEO on-page yang diterapakan dalam kode-kode oleh para developer agar search engine tersebut mudah dalam mengindex dan merayapi setiap bagian dari blog dan website yang kita miliki.

Maka muncullah istilah yang kita kenal sekarang yaitu Template SEO Friendly yang merupakan hasil akhir dari penerapan teknik-teknik tersebut.


Ciri-ciri Template SEO Friendly 


Inilah beberapa ciri-ciri yang terdapat pada Template / Theme yang memenuhi kriteria dari SEO Friendly yang disukai oleh robot mesin pencari atau search engine :

1. Memiliki Tag Heading (H1-H6)


Ini adalah ciri yang paling dasar yang dimiliki oleh Template / Theme yang berkualitas SEO yang baik. Kebanyakan Template Blogspot dan Wordpress sudah menggunakan Tag Judul (Title Tag) yang juga menggunakan Tag Heading (Header Tags H1-H6).

Penggunaan Tag H1-H3 sebenarnya sudah cukup untuk SEO, Tag H1 pada nama Blog dan website juga judul postingan, Tag H2 pada Sub-Judul, serta Tag H3 pada judul dari Widget.

Namun terkadang masih ada saja sebagian kecil Template yang saya temukan yang tidak menggunakannya terutama pada Template gratisan.

2. Memiliki Tag Metadata pada setiap halaman



Ciri selanjutnya adalah adanya Tag Metadata yang biasa disebut Meta Tags pada seluruh bagian halaman Template atau Theme. Metadata ini adalah berisi informasi tambahan tentang kandungan isi konten dari setiap halaman Blog dan Website.

Metadata ini memudahkan robot Search Engine dalam menentukan isi kandungan dari konten yang terdapat pada Blog dan Website Anda. Meta Title dan Meta Description adalah Meta Tags yang wajib ada pada Template / Theme. Masih banyak lagi Meta Tags yang dapat digunakan seperti opengraph facebook, Twitter Meta, Geo Meta, Link Meta, dan juga lainnya.

Tool gratis yang biasa saya pakai untuk memeriksa Tag Metadata adalah Meta SEO Inspector, add-on gratis untuk Chrome Browser.

3. Memiliki struktur kode yang valid dan minim error



Template atau Theme yang memiliki kode dengan struktur yang valid dan minim error mempermudah robot Search Engine dalam merayapi Blog dan Website Anda.

Begitu banyak Template / Theme gratis yang dibagikan gratis di internet untuk di download, namun sudah jarang yang memperhatikan akan hal ini.

Google sendiri mengklaim tidak begitu memperdulikan akan hal ini namun berbeda halnya dengan W3C sebagai acuan dari standar koding para developer Template / Theme.

Untuk memeriksa valid tidaknya struktur kode sebuah Template, Anda bisa check disini :

- HTML & XHTML Markup Validator
- HTML5 Markup Validator

4. Memiliki struktur data yang valid dan minim error



Struktur Data ini hampir sama fungsinya dengan Metadata diatas yang membantu Search Engine dalam memahami isi konten yang terkandung pada setiap halaman Blog dan Website yang Anda miliki, bedanya adalah berisi data yang lebih spesifik dan mendetail.

Terdapat berbagai macam Struktur Data yang bisa dijadikan pilihan seperti Schema.org Microdata, RDFa, dan JSON-LD. Struktur Data ini bahkan bisa meningkatkan CTR bagi yang menggunakannya karena tampilannya yang menonjol dan berbeda dari yang tidak menggunakannya pada SERP Google.

5. Memiliki URL yang terbaca oleh manusia



Struktur URL pada setiap platform Blog dan Website berbeda-beda.

Struktur URL yang terbaca oleh manusia atau Human Readable URL dapat meningkatkan CTR dan juga ranking halaman tersebut.

Setiap platform Blog maupun Website kini pada umumnya sudah memiliki struktur URL yang human readable.

- Contoh Human Unreadable URL : www.example.com/cat03/58739.php
- Contoh Human Readable URL : www.example.com/blog/cara-membuat-blog/

Untuk platform Blogspot, Wordpress, dan platform terbaru lainnya pada umumnya sudah memiliki fitur Human Readable URL ini.

6. Memiliki Navigasi Breadcrumb



Breadcrumb berguna untuk mengaitkan halaman yang satu dengan halaman yang lain sehingga terbentuk struktur hierarki yang membantu pengunjung robot dan manusia dalam menemukan lokasi halaman yang sedang dikunjungi.

Breadcrumb ini sangat berguna dalam sebuah Blog dan Website apabila mempunyai banyak kategori dalam sebuah situs.

7. Memiliki atribut Alt-Text & Title Text untuk gambar



Alt atribut untuk gambar seperti Alternate Text (Alt-text) dan Title Text  tentunya sangat penting bagi optimasi SEO pada gambar.

Atribut ini membantu robot search engine dalam mencari gambar yang sesuai dengan pencarian.

Bagian dari Template juga umumnya menggunakan gambar. Template yang SEO friendly tentunya tidak akan luput dari Alt atribut pada gambar terutama pada atribut Alt-text.

Kesimpulan


Template Blog SEO Friendly merupakan salah satu faktor pendukung penting yang mempengaruhi keberhasilan dalam meraih ranking posisi SERP pada Search Engine. Dengan mengetahui ciri-ciri dari Template yang SEO Friendly tersebut diharapkan ranking Blog yang kita bangun akan semakin meningkat dan disukai oleh robot mesin pencari khususnya Google.
Labels: blog, blogging, SEO, seo friendly, template, theme, user friendly, website

Thanks for reading Ciri-ciri Template Blog SEO Friendly . Please share...!

0 Comment for "Ciri-ciri Template Blog SEO Friendly "

Back To Top