Filter Aquarium yang Bagus untuk Aquascape & Ikan Hias




Anda sedang mencari filter aquarium? Mau tahu jenis filter yang bagus untuk aquarium ikan hias dan aquascape Anda dengan harga relatif murah serta minim perawatan berkala? Kali ini saya akan berbagi pengalaman pribadi saya dalam menggeluti hobi aquascape.

Tingkat kesulitan perawatan aquascape memang lebih sulit daripada aquarium ikan hias air tawar biasa yang hanya berisi ikan hias ataupun fauna lainnya. Maka pemilihan jenis filter yang tepat di awal pembuatan aquascape akan sangat membantu Anda dalam meminimalisir waktu dalam perawatan berkala. Jika Anda belum tahu jenis-jenis filter aquarium ikan hias air tawar dan aquascape, inilah pilihan yang tersedia di pasaran :

Jenis Filter Aquarium Ikan Hias Air Tawar & Aquascape


Filter Eksternal



  1. Standard Powerhead Filter :
    Filter eksternal yang paling umum dipakai untuk aquarium ikan hias air tawar. Filter jenis ini terdiri dari pompa powerhead, selang, serta kotak busa filter dengan posisi diatas aquarium. Filter jenis ini hanya cocok untuk ikan hias air tawar saja, tidak cocok untuk aquascape. Filter ini memerlukan perawatan berkala untuk menjaga kejernihan air.

  2. Permanent Filter :
    Filter permanen yang menyatu dengan kaca aquarium pada sisi samping atau belakang, di Indonesia biasa disebut dengan filter samping. Bisa terdiri dari lapisan filter yang sangat lengkap, mulai dari busa, karbon aktif, zeolit, karang, bioball. Filter dengan daya penjernihan air yang sangat bagus untuk ikan hias namun tidak cocok untuk aquascape karena posisi tampilannya. Filter ini memerlukan perawatan berkala untuk menjaga kejernihan air.

  3. Hang On Back Filter :
    Filter eksternal dengan posisi penempatan menggantung pada sisi samping atau belakang. Terdiri dari pompa dan pipa input pada posisi internal aquarium. Filter jenis ini sangat umum dipakai untuk aquascape karena cocok dan murah, namun dengan busa yang berukuran kecil, filter jenis ini memerlukan perawatan berkala untuk menjaga kejernihan air.

  4. Canister Filter :
    Filter eksternal dengan 2 penghubung selang antara input dan output. Terdiri dari lapisan filter yang cukup lengkap seperti Built-in Filter. Filter jenis ini juga banyak dipakai untuk aquascape dengan harga relatif mahal. Filter ini memerlukan perawatan berkala untuk menjaga kejernihan air.

Filter Internal



  1. Sponge Filter :
    Filter internal dengan menggunakan sistem udara dari aerator. Kotoran pada tank akan tersedot pada tekanan udara yang melalui pipa sehingga menempel pada busa (sponge). Filter jenis ini tidak cocok untuk aquascape karena posisi dan bentuknya yang menempel pada sisi dalam dinding aquarium, hanya cocok untuk tank udang dan ikan saja. Filter ini memerlukan perawatan berkala untuk menjaga kejernihan air.

  2. Undergravel Filter :

    Filter internal dengan posisi penempatan di dasar aquarium dengan busa filter yang di timbun dengan pasir. Terdiri dari pompa powerhead, alas penopang, dan pipa output. Filter jenis ini sangat cocok baik untuk aquascape maupun aquarium fauna air tawar.

Itulah jenis filter aquarium yang dapat Anda gunakan untuk ikan hias air tawar dan aquascape. Yang manakah pilihan Anda?

Filter Aquarium yang Bagus untuk Aquascape & Ikan Hias Air Tawar




Memilih jenis filter aquarium yang bagus memang perlu disesuaikan dengan budget dan kebutuhan Anda, filter yang cocok untuk kebutuhan aquascape hanya terdapat 3 jenis dari pilihan diatas yaitu : Hang On-Back Filter, Canister Filter dan Undergravel Filter.

Saya telah mencoba berbagai macam filter aquarium untuk menjernihkan tampilan aquascape saya dirumah, cuma satu jenis yang belum sempat saya coba karena harganya yang terlalu mahal yaitu Canister Filter. Lagipula selain mahal, filter jenis canister ini tergolong ribet dalam instalasinya dengan komponen selang yang menjulur di sekeliling aquarium.  Filter jenis ini juga masih membutuhkan perawatan berkala seperti penggantian busa filter, karbon aktif, dan lainnya.

Satu jenis filter aquarium yang saya sangat anjurkan bagi para penggemar aquascape maupun aquarium ikan hias air tawar, yaitu Undergravel Filter. Mengapa Undergravel Filter ? Karena filter jenis ini selain harganya yang relatif murah, juga memiliki kemampuan menjernihkan air dengan sangat baik, serta sangat minim perawatan bahkan bisa dibilang tanpa perawatan berkala. Sebab sekali pasang, filter jenis ini dapat membuat air dalam aquarium Anda tetap bening dan jernih hingga kurang lebih 2 bulan lamanya. Busa filter pun tidak perlu diganti hingga jangka waktu tahunan, cukup lakukan pergantian dan penambahan air saja, air pun bening kembali.

Dengan menggunakan filter jenis ini, Anda tidak lagi direpotkan dengan filter maintenance. Jadi Anda tinggal fokus pada perawatan aquascape lainnya saja seperti pemangkasan tanaman (trimming), penggantian air, dan juga pemberian pakan fauna aquascape. Juga untuk pemeliharaan ikan hias air tawar, filter ini akan mengurangi rutinitas mingguan Anda dalam mengganti busa filter. Demikianlah tips dari saya dalam memilih filter aquarium yang bagus untuk ikan hias air tawar & aquascape. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi !.
Labels: Aquarium, aquascape, Filter, Gaya Hidup, Hobi, Ikan Hias

Thanks for reading Filter Aquarium yang Bagus untuk Aquascape & Ikan Hias. Please share...!

0 Comment for "Filter Aquarium yang Bagus untuk Aquascape & Ikan Hias"

Back To Top