Online Members

     No online members at the moment

Cara Membuat Blog WordPress.org Gratis di Qoeple.com

Cara Membuat Blog Gratis

Bagaimanakah cara membuat blog WordPress.org gratis tanpa hosting dan domain ? Caranya sebenarnya mudah saja, kini di Qoeple.com Anda dapat membuat blog WordPress.org gratis dengan tanpa memikirkan biaya sewa hosting dan juga domain.

Jika Anda baru pertama kali dalam membuat blog, langkah awal yang perlu Anda lalui setelah menentukan tujuan blogging yaitu menentukan platform blog yang cocok dengan kepribadian Anda sendiri. Setiap platform blog mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing, dan cara paling mudah untuk mengetahuinya yaitu dengan mencoba masing-masing platform tersebut.

Saya pribadi pun telah mencoba berbagai macam platform blog, mulai dari layanan blog gratis sampai dengan platform blog yang membutuhkan biaya seperti wordpress.org ini. Bahkan saya sempat mencoba platform blog yang jarang dipakai orang lain dan terbilang cukup jadul  seperti Pivotx. Dari semua pilihan tersebut ternyata hanya WordPress.org sajalah yang memiliki fitur terbaik, cukup mudah dan sesuai dengan selera saya.  Semuanya memang tergantung pada selera dan tujuan blogging yang tentunya berbeda-beda bagi setiap orang.

Perbedaan WordPress.org dengan Blogspot (Blogger.com) dan WordPress.com

Buat Blog di WordPress atau di Blogspot

Mungkin Anda sudah pernah mencoba membuat blog dengan menggunakan layanan blog gratis dari blogspot (blogger.com) maupun wordpress.com ?

Blogspot (blogger.com) dan wordpress.com memang merupakan dua penyedia layanan blog gratis yang paling terkenal sejak dulu oleh para blogger di seluruh dunia. Kedua penyedia layanan tersebut masing-masing menggunakan sub-domain dari blogspot.com dan wordpress.com. Begitu pula dengan qoeple.com, semua blog dan situs akan menggunakan Sub-Domain dari qoeple.com.

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, WordPress.org ini jauh berbeda dengan WordPress.com maupun Blogspot/Blogger.com. WordPress.org bukanlah layanan blog gratis, melainkan hanya merupakan aplikasi CMS yang membutuhkan 2 hal utama dalam penggunaannya yaitu :

  1. Berlangganan Layanan Hosting (Berbayar)
  2. Kepemilikan Nama Domain (Berbayar)

Kedua hal tersebut adalah mutlak dibutuhkan dalam menginstall platform wordpress.org. Maka dari itu jika Anda ingin membuat blog Wordpress.org Anda mesti menyiapkan kedua hal tersebut diatas sebelum memulai aktifitas blogging. Hal ini dapat disiasati dengan menggunakan layanan hosting dan domain gratis yang pada umumnya mempunyai keterbatasan, terutama pada sisi performa dan juga persyaratan yang berbeda-beda. Salah satu layanan hosting gratis di Indonesia yang dapat Anda coba yaitu di IdHostinger.

Jika Anda tidak merasa puas dengan segala keterbatasan tersebut, maka kini Anda bisa mencoba layanan blog gratis di Qoeple.com yang menggunakan platform WordPress.org.

Perbedaan Qoeple.com dari Layanan Blog Gratis Lainnya

Media Publikasi OnlinePerbedaannya adalah qoeple.com menggunakan wordpress.org sebagai basis aplikasi blognya. WordPress.org dikenal sebagai platform CMS yang sangat powerfull dan fleksibel untuk dipakai sebagai blog maupun website.

Secara garis besar letak perbedaannya adalah pada fleksibelitas dan tingkat kesulitan pengguna dalam pembuatan dan konfigurasi blog yang akan digunakan.

Konfigurasi wordpress.org memang dikenal lebih sulit apabila dibandingkan dengan blogspot / blogger.com dan wordpress.com. Namun fitur-fitur wordpress.org yang sangat banyak, powerfull dan fleksibel tidak akan Anda dapati pada blogspot dan wordpress.com.

Berikut ini beberapa kelebihan blog gratis yang akan Anda dapatkan di Qoeple.com :

  1. Fitur WordPress.org Yang Powerfull : Di qoeple.com Blogger benar-benar bisa menikmati bermacam fitur wordpress.org yang begitu powerfull dengan keterbatasan yang sangat minim.
  2. Tersedia Banyak Theme Pilihan : Sebagai member, pengguna dapat mengganti dan memasang Theme sesuai selera. Tersedia banyak pilihan Theme gratis yang sudah disediakan, pengguna pun masih dapat menambahkannya lagi dengan melakukan request terlebih dahulu.
  3. Tersedia Banyak Plugin Pilihan : Di qoeple.com juga Anda bisa memilih plugin yang ingin digunakan atau diaktifkan termasuk download dan upload plugin baru dari repositori wordpress.org dengan persetujuan dari super admin.
  4. Tanpa Tayangan Iklan : Layanan blog gratis di Qoeple.com benar-benar gratis tanpa biaya tersembunyi dan tanpa iklan dari pihak layanan.

Hal tersebut diatas tentunya tidak ditemukan pada penyedia layanan lain yang pada umumnya membatasi fleksibilitas layanan dan fitur yang disediakan seperti pada wordpress.com. Untuk request tambahan Theme dan Plugin Anda bisa mengirimkan request langsung di Forum Qoeple.com.

2 Cara Membuat Blog Gratis di Qoeple.com

Untuk mulai membuat blog gratis di Qoeple.com, terdapat dua cara dalam membuatnya yaitu :

  1. Buat blog gratis dengan tanpa daftar (menggunakan akun jejaring sosial atau social login)
  2. Buat blog gratis dengan mendaftar terlebih dahulu (memerlukan verifikasi email)

Dua cara tersebut bisa Anda pilih sesuai keinginan Anda, namun dari segi kemudahan saya menyarankan untuk menggunakan opsi pertama yaitu dengan tanpa daftar terlebih dahulu dengan menggunakan social login. Berikut dibawah ini detail dari kedua cara tersebut.

Cara Membuat Blog Gratis dengan Tanpa Daftar

  1. Login ke situs utama Qoeple.com dengan tanpa daftar dan tanpa verifikasi terlebih dahulu menggunakan akun jejaring sosial Anda (Social Account) seperti Facebook, Twitter, Google, Yahoo, dan lainnya. Temukan widget social login pada sisi sidebar atau pada halaman login, dengan tampilan seperti gambar dibawah ini : Social Login Qoeple.com
  2. Setelah berhasil login, Edit data akun Anda via Dashboard WordPress (wp-admin) di situs utama Qoeple.com terlebih dahulu untuk membuat password, karena dengan menggunakan social login tersebut Anda masuk dengan tanpa menggunakan password. Akun dan password tersebut nantinya sama dengan akun dan password pada blog gratis baru yang akan Anda buat nantinya, jadi hal ini sangatlah penting dan tidak boleh terlewatkan karena jika Anda lupa membuat & merubahnya maka Anda tidak akan bisa login ke blog baru yang akan Anda buat nantinya. Klik tombol ciptakan password seperti gambar dibawah untuk membuat password baru pada akun Anda.  Edit akun pada situs utama Qoeple
  3. Tekan tombol buat blog gratis yang akan menuju ke halaman yang berisi form yang akan Anda isi sebagai data blog gratis baru Anda. Hal pertama yang perlu diisi adalah nama sub-domain dan judul blog yang akan Anda buat nanti, lalu klik tombol buat blog.
  4. Selesai, Blog gratis baru Anda telah dibuat dengan waktu yang sangat singkat. Notifikasi tentang blog gratis baru Anda akan muncul dibagian bawah halaman ini dengan menampilkan link blog gratis baru Anda. Klik link tersebut untuk menuju blog gratis baru Anda, kini Anda dapat login ke Dashboard WordPress.org menggunakan akun yang sama yang telah Anda buat pada situs utama Qoeple.com.  Anda pun dapat mulai melakukan konfigurasi dan memulai aktifitas blogging menggunakan wordpress.org di Qoeple.com dengan bebas biaya 🙂

Cara Membuat Blog Gratis dengan Mendaftar Terlebih Dahulu

  1. Tekan tombol buat blog gratis yang akan menuju ke halaman yang berisi form yang akan Anda isi sebagai data blog gratis baru Anda. Hal pertama yang perlu diisi adalah user name dan email address yang akan Anda buat nanti, lalu klik tombol buat blog. Pastikan alamat email Anda tersebut valid karena proses verifikasi akan dikirim melalui alamat email tersebut.
  2. Pada langkah kedua, isi nama sub-domain dan juga judul blog yang akan Anda buat, lalu klik tombol lanjutkan.
  3. Notifikasi tentang blog baru Anda akan muncul, sebelumnya Anda mesti melakukan verifikasi pada alamat email yang Anda daftarkan sebelumnya.
  4. Buka email masuk Anda dan periksa email dari Qoeple.com, apabila email tersebut ada Anda tinggal klik link aktivasi yang ada pada email tersebut.
  5. Link tersebut akan menuju situs utama Qoeple.com, dengan notifikasi bahwa akun dan juga blog baru Anda sudah aktif dan dapat  digunakan. Silahkan catat atau copy user name dan juga auto-generated password Anda, lalu klik Login.
  6. Login ke blog gratis baru Anda dengan mengisi atau menyalin user name dan auto-generated password yang sudah diberikan sebelumnya.
  7. Setelah login Anda dapat merubah auto-generated password tersebut dengan password baru via Tab pengguna di Dashboard WordPress, setelah selesai klik tombol perbarui.
  8. Selesai, blog gratis baru Anda sudah dibuat di Qoeple.com. Anda pun dapat mulai melakukan konfigurasi dan memulai aktifitas blogging menggunakan wordpress.org di Qoeple.com dengan bebas biaya 🙂

Kesimpulan

Layanan blog gratis ini bertujuan memperkenalkan wordpress.org bagi para blogger di Indonesia. Setiap blog gratis yang dirawat akan terus online selama Qoeple.com online, jadi manfaatkan layanan ini sebaik-baiknya. Jika Anda memiliki pertanyaan maupun saran tentang layanan ini, silahkan buat thread di Forum Qoeple.com.

Comments

This post currently has 3 responses

Tinggalkan Balasan

Sidebar