Online Members

     No online members at the moment

Cara Membuat Forum BBPress Menjadi “Dofollow”

 

 

cara membuat forum bbpress menjadi dofollow

Cara Membuat Forum BBPress Menjadi “Dofollow” ~ Forum Dofollow memang sangat digemari oleh para Blogger pada umumnya dalam mencari Backlink, tidak semua Forum di Indonesia yang memperbolehkan atau menerapkan link Dofollow pada Forum yang mereka miliki.

Salah satu Forum Lokal yang menggunakan BBPress yang mungkin sudah Anda kenal yaitu Forum di Juragan Cipir. Forum yang dikelola oleh Blogger senior bernama Mba Indri ini memang cukup ramai dikunjungi oleh para Blogger lokal yang ingin berbagi pengalaman dengan member lainnya.

Karena saya gemar mempelajari SEO, iseng-iseng saya cek setiap link keluar yang ada di Forum tersebut. Alhasil ternyata Forum yang menggunakan BBPress tersebut tidak menerapkan link Dofollow pada Forumnya.

Memang Mba Indri sangat ketat dalam memperlakukan link keluar, hal ini terlihat juga pada link keluar di kolom komentar termasuk link profil. Mungkin Mba Indri ingin menjaga betul kualitas dari Blog Juragan Cipir tersebut semenjak Google memperketat perlakuan link terhadap Spammers.

Menurut pemahaman saya pribadi, sebenarnya Google juga tidak asal Ban setiap situs yang memperbolehkan link Dofollow. Yang terpenting adalah kualitas konten yang terdapat pada link tersebut, jika memang link tersebut ditempatkan pada konten yang berkualitas, maka Google pun akan tetap menganggap link Dofollow tersebut sebagai Backlink.

Rasa keingintahuan saya berujung pada pertanyaan : Bisakah Forum BBPress ini dirubah dari Nofollow menjadi Dofollow ?

Cara Membuat Forum BBPress Menjadi “Dofollow”

Setelah bertanya dengan Mbah Google alias Googling, akhirnya saya mendapatkan Trik membuat Forum BBPress tersebut menjadi Dofollow. Nah, bagi Anda yang ingin mencoba menerapkannya pada Forum BBPress yang Anda miliki, berikut caranya :

  1. Masuk ke Hosting tempat Anda menginstall BBPress, arahkan ke folder : wp-content/pluginsbbpress/includes/core/filters.php
  2. Cari kode ini : 
    add_filter( ‘bbp_get_reply_content’,’bbp_rel_nofollow’, 50 );
    add_filter( ‘bbp_get_topic_content’,’bbp_rel_nofollow’, 50 );
  3. Non-aktifkan baris kode tersebut dengan Block Comment yaitu menambahkan slash “/”, hingga menjadi  seperti ini :  
    //add_filter( ‘bbp_get_reply_content’,’bbp_rel_nofollow’, 50 );
    //add_filter( ‘bbp_get_topic_content’,’bbp_rel_nofollow’, 50 );
  4. Clear Cache jika Anda menggunakan plugin Cache
  5. Modifikasi plugin ini akan terhapus jika Anda melakukan update plugin tersebut, maka apabila Anda melakukan update jangan lupa untuk merubah 2 baris kode tersebut kembali.
  6. Silahkan cek dengan membuat posting topik dan balasan dengan menyertai link keluar.
  7. Binggo !!, Forum BBPress Anda sudah berubah menjadi “Dofollow”

Jika Anda menerapkan trik ini, Anda mesti selalu waspada dan mengamati setiap link yang keluar dari Forum tersebut. Jika link keluar tidak memiliki konten yang berkualitas ataupun tidak memiliki relevansi dengan topik/thread konten, sebaiknya Anda hapus dengan segera.

Perlakuan tersebut saya pelajari dari Forum Bersosial.com, dimana forum tersebut telah menerapkan link Dofollow pada Xenforo, namun tetap memiliki otoritas di Google karena setiap link keluar pada topik/thread maupun balasan harus berkualitas dan memiliki relevansi dengan konten yang ada.

Demikian lah Blogger, trik singkat cara merubah / membuat forum BBPress menjadi Dofollow. Memiliki Forum Dofollow membutuhkan pengamatan lebih karena kerap diburu oleh Spammers :D.

 

 

 

 

 

 

 

Comments

So empty here ... leave a comment!

Tinggalkan Balasan

Sidebar