Ciri-ciri Template SEO Friendly & User Friendly Untuk Blog dan Website

Ciri-ciri Template SEO Friendly & User Friendly Untuk Blog dan WebsiteCiri-ciri Template SEO Friendly plus User Friendly untuk Blog dan Website adalah beberapa ciri yang terdapat pada Template atau Theme dari Blog maupun Website yang dapat mempengaruhi keberhasilan Anda dalam meraih ranking yang baik dan juga stabil pada hasil pencarian Google SERP.

Kemajuan algoritma Google saat ini telah banyak merubah cara pandang para Blogger, Webmaster, dan juga Internet Marketer yang saling berlomba dalam meraih rangking Google. Namun saat ini meraih ranking tersebut saja tidaklah cukup, hal tersulit yang akan kita hadapi setelah meraih rangking tersebut adalah menjaganya agar tetap stabil dan tahan lama.

Jika dahulu para Blogger, Webmaster, dan juga Internet Marketer hanya cenderung menggunakan Template SEO Friendly saja pada setiap situsnya, maka kini sepertinya kita juga harus mulai memperhatikan sisi User Friendly dalam Template atau Theme tersebut.

 Mungkin masih ada yang belum mengerti istilah SEO Friendly dan juga User Friendly ?

Baiklah, agar semuanya mengerti sebelumnya saya akan mencoba memperinci secara detail tentang konsep dan cara pandang saya mengenai Template SEO Friendly dan User Friendly sehingga kita bisa menentukan ciri-ciri apa saja yang masuk dalam kriteria tersebut.

Istilah SEO Friendly Vs User Friendly

Istilah SEO Friendly yang dimaksudkan disini adalah ramah mesin pencari (search engine). Template tersebut juga diibaratkan menjadi “rompi” atau “pakaian” dari penerapan SEO on-page yang diterapakan dalam kode-kode oleh para developer agar search engine tersebut mudah dalam mengindex dan merayapi setiap bagian dari blog dan website yang kita miliki. Maka muncullah istilah yang kita kenal sekarang yaitu Template SEO Friendly yang merupakan hasil akhir dari penerapan teknik-teknik tersebut.

Lalu apa itu User Friendly? Istilah ini sebenarnya bermakna hampir mirip yaitu ramah pengguna (pengunjung). Tujuannya adalah menjaga kenyamanan setiap pengunjung agar betah berlama-lama dalam mengunjungi dan menikmati setiap konten yang kita sajikan pada blog maupun website yang kita miliki. Selain membuat pengunjung betah, Template User Friendly juga seharusnya akan dapat meningkatkan interaksi pengunjung yang sudah berkunjung serta memperkecil persentase pentalan pengunjung (bounce rate).

Istilah User Friendly ini sebenarnya adalah merupakan hasil akhir dari penerapan teknik User Experience Design (UXD) atau dalam bahasa Indonesianya “Desain Pengalaman Pengguna” yang menargetkan kepuasan pengguna atau pengunjung. Beberapa elemen dari User Experience Design versi Wikipedia adalah sebagai berikut :

  1. Desain Tampilan (User Interface Design / UID)
  2. Arsitektur Informasi
  3. Desain Interaksi
  4. Fungsi dan Kegunaan
  5. Interaksi Manusia-Komputer

Pentingnya User Experience Design Sebagai Pendukung Konten

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, konten adalah prioritas utama dalam meraih pengunjung. Prioritas kedua yang tidak kalah pentingnya dalam memanjakan dan menjaga pengunjung agar tetap kembali mengunjungi blog dan website Anda adalah User Experience Design (UXD).

User Experience Design ini jika dikaitkan dengan istilah konten adalah raja, maka menurut sudut pandang saya pribadi UXD ini menempati posisi ratu. Ya, User Experience Design adalah ratu yang mendukung kekuatan dari konten yang sudah terlanjur diangkat menjadi raja oleh Google.  

Template atau Theme tersebut ibarat kemasan dari produk Anda, yang berfungsi mengemas setiap konten dan halaman blog dan website yang Anda miliki. Maka dari itu desain tampilan sebuah Template / Theme juga memiliki peranan yang penting dalam mengemas segala informasi yang ada pada konten Anda.

Lalu mana yang lebih penting, Template SEO Friendly atau User Friendly ?

Kini kedua-duanya sama pentingnya, untuk saat ini kriteria SEO Friendly saja tidaklah cukup untuk menduduki dan mempertahankan posisi peringkat pada SERP Google dalam jangka waktu yang panjang.

Kini algoritma pencarian Google mengalami kemajuan yang sangat pesat dan semakin canggih. Oleh karena itu kita juga membutuhkan kriteria lainnya yang dapat memperkuat dan memperlama posisi peringkat tersebut yaitu kriteria User Friendly.

Ciri-ciri Template SEO Friendly & User Friendly

Inilah beberapa ciri-ciri yang terdapat pada Template / Theme yang memenuhi kriteria dari SEO Friendly plus User Friendly. Sengaja saya buat secara terpisah agar Anda dapat membedakan perbedaan di kedua kriteria tersebut.

A. Ciri Template SEO Friendly

Berikut dibawah ini ciri-ciri dari Template atau Theme yang disukai oleh robot mesin pencari atau search engine :

A1. Memiliki Tag Heading (H1-H6)

Ciri Template SEO Friendly & User Friendly - Heading TagsIni adalah ciri yang paling dasar yang dimiliki oleh Template / Theme yang berkualitas SEO yang baik. Kebanyakan Template Blogspot dan WordPress sudah menggunakan Tag Judul (Title Tag) yang juga menggunakan Tag Heading (Header Tags H1-H6).

Penggunaan Tag H1-H3 sebenarnya sudah cukup untuk SEO, Tag H1 pada nama Blog dan website juga judul postingan, Tag H2 pada Sub-Judul, serta Tag H3 pada judul dari Widget.

Namun terkadang masih ada saja sebagian kecil Template yang saya temukan yang tidak menggunakannya terutama pada Template gratisan.

A2. Memiliki Tag Metadata pada setiap halaman

Ciri Template SEO Friendly & User Friendly - Metadata (Meta Tags)Ciri selanjutnya adalah adanya Tag Metadata yang biasa disebut Meta Tags pada seluruh bagian halaman Template atau Theme. Metadata ini adalah berisi informasi tambahan tentang kandungan isi konten dari setiap halaman Blog dan Website.

Metadata ini memudahkan robot Search Engine dalam menentukan isi kandungan dari konten yang terdapat pada Blog dan Website Anda. Meta Title dan Meta Description adalah Meta Tags yang wajib ada pada Template / Theme. Masih banyak lagi Meta Tags yang dapat digunakan seperti opengraph facebook, Twitter Meta, Geo Meta, Link Meta, dan juga lainnya.

Tool gratis yang biasa saya pakai untuk memeriksa Tag Metadata adalah Meta SEO Inspector, add-on gratis untuk Chrome Browser.

A3. Memiliki struktur kode yang valid dan minim error

Ciri Template SEO Friendly & User Friendly - Valid Code W3CTemplate atau Theme yang memiliki kode dengan struktur yang valid dan minim error mempermudah robot Search Engine dalam merayapi Blog dan Website Anda.

Begitu banyak Template / Theme gratis yang dibagikan gratis di internet untuk di download, namun sudah jarang yang memperhatikan akan hal ini.

Google sendiri mengklaim tidak begitu memperdulikan akan hal ini namun berbeda halnya dengan W3C sebagai acuan dari standar koding para developer Template / Theme.

Untuk memeriksa valid tidaknya struktur kode sebuah Template, Anda bisa check disini :

– HTML & XHTML Markup Validator
– HTML5 Markup Validator

A4. Memiliki struktur data yang valid dan minim error

Ciri Template SEO Friendly & User Friendly - Struktur Data Schema MarkupStruktur Data ini hampir sama fungsinya dengan Metadata diatas yang membantu Search Engine dalam memahami isi konten yang terkandung pada setiap halaman Blog dan Website yang Anda miliki, bedanya adalah berisi data yang lebih spesifik dan mendetail.

Terdapat berbagai macam Struktur Data yang bisa dijadikan pilihan seperti Schema.org Microdata, RDFa, dan JSON-LD. Struktur Data ini bahkan bisa meningkatkan CTR bagi yang menggunakannya karena tampilannya yang menonjol dan berbeda dari yang tidak menggunakannya pada SERP Google.

A5. Memiliki URL yang terbaca oleh manusia

Ciri Template SEO Friendly & User Friendly - Human Readable URLsStruktur URL pada setiap platform Blog dan Website berbeda-beda.

Struktur URL yang terbaca oleh manusia atau Human Readable URL dapat meningkatkan CTR dan juga ranking halaman tersebut.

Setiap platform Blog maupun Website kini pada umumnya sudah memiliki struktur URL yang human readable.

– Contoh Human Unreadable URL : www.example.com/cat03/58739.php
– Contoh Human Readable URL : www.example.com/blog/cara-membuat-blog/

Untuk platform Blogspot, WordPress, dan platform terbaru lainnya pada umumnya sudah memiliki fitur Human Readable URL ini.

A6. Memiliki Navigasi Breadcrumb

Ciri Template SEO Friendly & User Friendly - Breadcrumbs NavigationBreadcrumb berguna untuk mengaitkan halaman yang satu dengan halaman yang lain sehingga terbentuk struktur hierarki yang membantu pengunjung robot dan manusia dalam menemukan lokasi halaman yang sedang dikunjungi.

Breadcrumb ini sangat berguna dalam sebuah Blog dan Website apabila mempunyai banyak kategori dalam sebuah situs.

A7. Memiliki atribut Alt-Text & Title Text untuk gambar

Ciri Template SEO Friendly & User Friendly - Alt atribut gambarAlt atribut untuk gambar seperti Alternate Text (Alt-text) dan Title Text  tentunya sangat penting bagi optimasi SEO pada gambar.

Atribut ini membantu robot search engine dalam mencari gambar yang sesuai dengan pencarian.

Bagian dari Template juga umumnya menggunakan gambar. Template yang SEO friendly tentunya tidak akan luput dari Alt atribut pada gambar terutama pada atribut Alt-text.

B. Ciri Template User Friendly

Berikut dibawah ini ciri-ciri dari Template / Theme yang disukai oleh pengunjung manusia :

B1. Memiliki kecepatan loading yang cepat

Ciri Template SEO Friendly & User Friendly - Loading speedIni adalah hal utama dari segi user friendly, waktu load yang cepat membuat para pengunjung betah dalam mengunjungi, menelusuri setiap halaman yang ada pada Blog dan Website yang Anda miliki.

Banyak faktor yang membuat Template / Theme menjadi lambat, pada umumnya adalah penggunaan javascript, CSS, dan gambar yang terlalu banyak dan berukuran cukup besar sehingga menyedot bandwidth pada server Anda.

Anda bisa check loading speed pada Template Anda disini :

– Pingdom Website Speed Test
– GTmetrix Website Speed and Performance Optimization
– Google Page Speed Insight

B2. Memiliki desain responsive dan mobile friendly

Ciri Template SEO Friendly & User Friendly - Responsive & MobileKita tentunya tidak tahu dari mana datangnya serta perangkat apa yang digunakan pengunjung yang mengunjungi Blog & Website yang kita miliki.

Apabila desain Template yang kita gunakan merupakan fix width dan tidak mobile friendly, sudah pasti kita akan kehilangan pengunjung pengguna tablet & smartphone.

Karena Google juga mementingkan user experience maka desain responsive dan mobile friendly juga menjadi penting.

B3. Memiliki desain font dan Typhography yang mudah dibaca

Font yang mudah dibaca merupakan salah satu kriteria User Friendly dalam teknik Typhograhy, pemilihan jenis font serta ukuran yang dipilih menjadi faktor yang mempengaruhi Template / Theme yang Anda gunakan.

Ukuran font yang terlalu kecil dan terlalu besar dapat membuat mata pengunjung yang membaca menjadi cepat lelah, pilihlah font dengan ukuran yang sesuai dengan besar kecilnya ukuran Template / Theme yang Anda gunakan.

Selain jenis dan ukuran, kerapatan jarak antar font dan juga antar baris juga berpengaruh dalam menghasilkan teks yang mudah untuk dibaca.

Warna font juga berpengaruh bagi mata, warna hitam adalah warna standar yang aman bagi mata. Apabila ingin menggunakan warna lain pada font judul, gunakanlah warna yang menarik namun teduh bagi mata pengunjung Anda.

B4. Memiliki warna background yang nyaman di mata

Warna background juga berpengaruh pada kenyamanan para pengunjung, maka dari itu gunakanlah warna background yang nyaman dan teduh untuk Blog & website Anda.

Warna background yang terlalu tajam dapat membuat mata pengunjung Anda lelah dan tidak merasa nyaman, warna yang umum dan aman untuk background biasanya menggunakan warna putih.

B5. Memiliki desain layout yang mengutamakan konten

Desain Layout pada setiap Template / Theme pastinya berbeda-beda, tergantung dari selera si pembuat Template dan juga selera Anda si pemilik Blog & Website yang menggunakan Template / Theme tersebut.

Dari sisi pengunjung tentunya menginginkan kemudahan dalam membaca dan menikmati isi konten yang Anda sajikan pada Blog & Website yang dikunjungi. Tata letak sidebar, widget, serta iklan yang terlalu banyak dan tidak proporsional dapat membuat pengunjung tidak betah dan pergi begitu saja dari Blog & Website Anda.

B6. Memiliki widget konten terkait

Widget konten terkait disini tergantung dengan jenis konten pada Blog dan Website Anda, untuk Blog biasanya menggunakan widget Posting Terkait (Related Post) sedangkan untuk Website ecommerce biasanya menggunakan widget Produk Terkait (Related Product).

Widget konten terkait ini dapat memperkecil tingkat pentalan pengunjung (bounce-rate) setelah mengunjungi salah satu konten dari Blog dan Website Anda.

B7. Memiliki widget terintegrasi sosial media

Faktor sosial media kini juga berperan dalam parameter ranking Google, oleh karena itu juga termasuk dalam salah satu point dari ciri Template SEO Friendly dan User Friendly.

Social Engagement atau keterlibatan sosial adalah faktor yang dilihat oleh Google untuk menentukan seberapa tenarnya situs Blog maupun Website yang Anda miliki. Semakin banyak interaksi dan pengikut akun sosmed dari situs Anda, maka semakin baik pula ranking SERP yang akan Anda dapatkan.

Kini banyak widget yang menggunakan integrasi sosial media. Widget ini membantu para pengunjung Anda dalam berinteraksi pada setiap konten maupun keseluruhan situs Anda dan mengaitkannya ke sosial media yang mereka miliki. Beberapa widget yang menggunakan integrasi sosial media antara lain :

  • Widget Social Share untuk berbagi
  • Widget Social Badge untuk mengikuti
  • Widget Social Comments untuk berkomentar

Widget-widget tersebut juga berguna bagi Anda untuk menambahkan pengikut, interaksi, dan juga promosi dari situs Anda ke jejaring sosial.

Kesimpulan

Dengan memperhatikan faktor SEO Friendly dan User Friendly terkait Template atau Theme yang kita gunakan maka diharapkan Template tersebut dapat tampil dengan optimal baik untuk mesin pencari maupun para pengunjung yang datang sehingga kesempatan meraih ranking pada SERP akan lebih besar dan juga stabil dalam waktu yang lama.

Tinggalkan Balasan