Faktor Ranking Website & Ranking Blog di Google

Faktor Ranking Website & Ranking Blog di Google dalam 200 Googe Ranking Factors

Ranking website dan ranking blog ditentukan oleh Google melalui beberapa faktor yang dikenal dengan istilah Google Ranking Factors. Faktor-faktor inilah yang menjadi bagian dalam algoritma sistem pencarian Google dalam menentukan urutan ranking atau peringkat website maupun blog pada search result page (SERP).

Bagi para Blogger, Webmaster, dan Internet Marketer, hal ini tentunya sangat tidak asing lagi karena tujuan mereka semua adalah sama yaitu mendapatkan ranking atau peringkat terbaik di Google.

Dengan memiliki ranking atau peringkat terbaik tersebut akan memudahkan mereka untuk mendapatkan pengunjung bahkan konsumen bagi bisnis online yang mereka geluti.

 

Lalu apa saja faktor penentu yang mempengaruhi agar website dan blog yang kita miliki mendapatkan posisi halaman pertama atau bahkan ranking pertama di Google ?

 

Faktornya sebenarnya sangat banyak, bahkan Brian Dean merumuskan jumlahnya ada sekitar 201 faktor. Faktor ini tentunya bukan berasal dari pernyataan Google sendiri melainkan dari hasil analisa berkelanjutan yang dilakukan oleh Brian Dean.

Walaupun jumlahnya banyak, namun bagi Anda yang senang berkecimpung dalam teknik SEO dan SEM tentunya hal ini sangat berguna bagi Anda dalam meningkatkan performa situs website dan blog yang Anda miliki maupun klien Anda.

 

Sebentar, mungkin saja ada yang belum kenal dengan Brian Dean ?

 

Brian Dean adalah seorang pakar SEO pemilik situs backlinko.com, dan beliau telah banyak menjadi sorotan dan acuan dari para webmaster dan juga internet marketer dalam hal optimasi situs.

Beliau tidak hanya mengungkapkan teknik SEO dengan teori semata, namun juga mengungkapkan bukti-bukti dari teorinya tersebut dengan  analisa yang dilakukannya sendiri secara mendalam dan berkelanjutan.

Karena artikel beliau tersebut menggunakan bahasa Inggris, maka saya disini berinisiatif menuliskannya dengan bahasa Indonesia agar dapat membantu saya pribadi dan kawan-kawan semua dalam mempelajari teknik SEO.

Saya sendiri menjadikan faktor ini sebagai acuan optimasi setiap situs yang saya miliki dan sudah menjadi daftar checklist jangka panjang saya.

Faktor ini juga sangat membantu saya dalam menentukan langkah apa saja yang boleh diambil dan dijauhi agar kita terhindar dari penalti Google terkait hal optimasi situs.

10 Faktor Utama Ranking Website & Ranking Blog di Google

Karena jumlahnya yang begitu banyak, maka dari 200 Google Ranking Factors tersebut saya membaginya lagi menjadi 10 faktor utama. Dengan 10 faktor utama tesebut kita dapat mempelajarinya dengan klasifikasi yang lebih spesifik. Inilah 10 faktor utama ranking website dan ranking blog di Google :

  1. Faktor dari segi Nama Domain
  2. Faktor dari segi Halaman
  3. Faktor dari segi Situs
  4. Faktor dari segi Backlink
  5. Faktor dari segi Interaksi Pengunjung
  6. Faktor dari segi Algoritma Khusus Google
  7. Faktor dari segi Sinyal Sosial Media
  8. Faktor dari segi Spam Internal
  9. Faktor dari segi Spam Eksternal
  10. Faktor dari segi Sinyal Brand / Merk

Nah, dengan 10 faktor utama tersebut diatas kita akan dapat mengetahui dan mempelajari faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi ranking Google secara spesifik dan detail. Saya juga membaginya dalam 10 halaman untuk setiap faktornya agar lebih mudah dibaca.

Untuk mengetahui detailnya Anda dapat klik satu-persatu link dari 10 faktor utama diatas atau klik nomor halaman sesuai nomor faktor tersebut  dibagian bawah artikel ini.

Faktor Segi Nama Domain Penentu Ranking Website & Ranking Blog di Google

Faktor Ranking Website & Ranking Blog di Google dari Nama DomainNama Domain adalah salah satu faktor utama yang dapat mempengaruhi ranking website dan juga ranking blog pada Google SERP. Setiap Nama Domain yang berbeda akan memberikan ranking yang berbeda pula walaupun dengan konten dan platform pada situs yang sama.

Misalkan Anda memiliki Situs A dengan hasil ranking yang baik dari Nama Domain : pertama.com lalu Anda menggantinya dengan Nama Domain : kedua.com, maka hasil rankingnya pun pasti berbeda bisa lebih baik bahkan bisa lebih buruk dari ranking yang sebelumnya.

Mengapa demikian ? Karena dari Nama Domain tersebut mempunyai beberapa faktor yang mempengaruhi ranking. Terdapat 10 faktor segi halaman (on-page) yang menjadi kriteria penentu ranking website dan ranking blog di Google menurut Brian Dean.

10 Faktor Segi Nama Domain Yang Mempengaruhi Peringkat Website & Blog di Google

Berikut dibawah ini faktor dari segi nama domain yang mempengaruhi ranking website dan ranking blog di Google :

  1. Umur Domain : Google menggunakan umur Domain menjadi salah satu parameter ranking mereka, namun pada range yang cukup jauh saja. Untuk selisih umur domain yang singkat misalkan 6 bulan saja, mereka tidak membedakannya.
  2. Keyword pada Top Level Domain (TLD) : Biasa dikenal di Indonesia dengan istilah Keyword On Domain (KOD). Keyword yang terdapat pada Nama Domain memperkuat sinyal relevansi, Google masih menandai Bold pada Nama Domain yang terdapat keyword yang dicari oleh penggunanya.
  3. Keyword di awal kata Top Level Domain (TLD) : Bila sebuah Nama Domain terdapat dua suku kata atau lebih yang mengandung keyword, maka keyword diawal kata akan lebih kuat dibandingkan dengan ditengah dan di akhir kata dari Nama Domain tersebut.
  4. Lamanya Masa Expired : Google menganggap Domain yang memiliki masa expired yang lebih lama merupakan nilai lebih dibandingkan dengan yang expired cepat yaitu 1 tahun.
  5. Keyword pada Sub-Domain : Hampir sama dengan point 2 diatas, bahkan MOZ pernah meneliti keyword pada Sub-Domain tersebut dapat meningkatkan ranking.
  6. Domain History : History lama sebuah domain dapat berpengaruh apabila terjadi pelanggaran kepemilikan via WhoIs, pemilik domain dapat meminta Google untuk mereset kembali Domain History dan juga backlink yang terdapat pada domain tersebut.
  7. Exact Match Domain (EMD) : Adalah Nama Domain yang didalamnya terdapat satu atau beberapa kata yang merupakan keyword dari produk, jasa, service. EMD masih berpengaruh pada situs yang memiliki otoritas baik.
  8. Public vs Private WhoIs : Google memiliki kecurigaan pada Domain dengan menggunakan Private WhoIs karena menyembunyikan identitas dari kepemilikan domain tersebut dan berpengaruh pada faktor Trust.  
  9. Penalti Kepemilikan WhoIs : Google bisa saja memberikan penalti pada seluruh situs dari pemilik Domain yang sama dan terbukti merupakan Spammers.
  10. Ekstensi TLD tiap Negara : Extensi Domain TLD (seperti : .id, .sg, .uk) dapat meningkatkan ranking pada negara tertentu sesuai extensi tersebut, namun membatasi ranking secara global.

Tinggalkan Balasan