Manfaat Blog & Keuntungan Memiliki Blog

manfaat blog & keuntungan memiliki blog

Apakah Anda sudah mempunyai Blog ? Jika belum anda pasti ingin tahu apa saja manfaat blog serta apa saja keuntungan dan kelebihan jika kita memiliki sebuah blog. Jika Anda belum tahu apa itu blog, Anda bisa membaca rinciannya disini.

 

Secara singkatnya blog atau weblog adalah jurnal online yang ditulis oleh seseorang maupun golongan yang berisikan informasi yang diupdate secara berkala. Informasi tersebut bisa bermacam-macam tergantung si penulis blog. Penulis blog ini dikenal dengan istilah Blogger.

Jika Anda adalah salah seorang yang aktif menggunakan internet dalam kehidupan sehari-hari seperti browsing, bersosial media, ataupun menonton video di Youtube namun Anda belum memiliki blog sendiri, bisa dikatakan Anda cukup merugi karena Anda belum memanfaatkan internet tersebut secara maksimal bagi diri Anda sendiri, dengan kata lain Anda cuma jadi konsumen atau objek bagi internet tersebut.

Menjadi Blogger merupakan salah satu cara untuk menjadi subjek di internet, menjadi sumber informasi, mengungkapkan opini, dan masih banyak lagi. Berikut dibawah ini beberapa manfaat blog dan kelebihannya jika Anda memiliki Blog.

Manfaat Blog & Keuntungan Memiliki Blog

1. Sebagai Media Ekspresi Diri

Pada umumnya orang-orang cenderung memanfaatkan sosial media sebagai sarana untuk berekspresi dalam mengungkapkan ide, opini, cerita, bahkan unek-unek dan curhatan pribadi dirinya. Hal tersebut memang sah-sah saja namun akan lebih baik lagi jika hal tersebut dituangkan menjadi konten dalam sebuah blog karena bernilai lebih ekslusif di mata pengunjung dan pembaca. Beberapa Blogger personal yang populer justru dikenal karena konten blog yang menonjolkan karakter dari pemilik dan penulisnya dengan gaya penulisan dan bahasa yang unik dan menghibur para pembacanya. Contoh blog dengan ekspresi diri yang kuat dan berkarakter adalah Benablog.com & Shitlicious.com.

2. Menambah Relasi Online

Dengan memiliki blog Anda tidak hanya memiliki media ekspresi namun juga akan menambah relasi online anda. Kegiatan Blogging tidak hanya terpaku pada kegiatan menulis artikel saja, Blogger juga kerap melakukan silaturahmi online dengan mengunjungi blog yang dimiliki oleh Blogger lainnya (Blog Walking), membalas komentar dari pengunjung, aktif berbagi dan berdiskusi di forum dan sosial media yang ramai untuk meningkatkan promosi blognya. Dengan semua kegiatan tersebut maka dengan sendirinya relasi online Anda akan bertambah dari waktu ke waktu.

3. Kemudahan Dalam Berbagi Informasi

Anda akan dengan mudah berbagi segala informasi pada blog anda yang lebih ekslusif dibandingkan dengan sosial media. Informasi berupa cerita, tips, tutorial, bahkan unek-unek pun bisa anda tuangkan melalui blog tersebut. Pilihlah platform blog yang mempunyai fitur berbagi otomatis ke sosial media sehingga setiap kali anda menerbitkan konten maka konten tersebut juga akan langsung terbit di setiap akun berbagai sosial media yang anda miliki. Salah satu plugin platform WordPress.org yang memiliki fitur tersebut adalah Jetpack Socialize.

4. Mengasah Kemampuan & Keterampilan Menulis

Menulis adalah keterampilan utama yang dibutuhkan dalam kegiatan Blogging. Orang yang tidak gemar menulis akan mengalami kesulitan dalam menciptakan konten yang menarik dan berkualitas bagi pengunjung dan pembaca. Saya sendiri mengalaminya dalam tahap pemula, namun dengan rutin menulis dan membaca berbagai macam artikel maka keterampilan menulis Anda pun akan lebih terasah dan mengalami peningkatan.

5. Menumbuhkan & Meningkatkan Minat Membaca

Kegiatan menulis dan membaca adalah dua kegiatan yang saling terkait. Untuk meningkatkan kualitas dan memperkaya konten yang Anda tuliskan dalam sebuah artikel Anda juga memerlukan referensi tambahan. Referensi tersebut bisa berasal dari media tulisan orang lain seperti buku, media cetak lainnya ataupun artikel blog milik orang lain. Dengan membaca referensi tersebut maka akan menjadi masukan dan wawasan baru bagi Anda yang dapat Anda tuangkan dalam tulisan Anda sendiri. Kegiatan ini akan menumbuhkan dan meningkatkan minat membaca yang Anda miliki dengan sendirinya. Hindari copy-paste konten dari artikel blog orang lain karena akan menurunkan kualitas konten blog Anda baik dimata pembaca maupun search engine.

6. Mengembangkan Kreatifitas

Untuk menciptakan blog yang menarik pengunjung dan pembaca serta bersaing dengan blog milik orang lain maka Anda akan dituntut untuk lebih kreatif. Kreatif dalam hal membuat konten yang menarik, kreatif dalam mempercantik tampilan blog Anda, kreatif dalam menemukan hal-hal baru yang dapat membuat pengunjung setia Anda betah berlama-lama di blog Anda tersebut. Dengan demikian kreatifitas Anda sebagai pemilik blog akan terus berkembang dari waktu ke waktu.

7. Menambah Ilmu dan Wawasan

Dengan membuat blog, memelihara, memberikan optimasi serta banyak membaca dalam mencari referensi, maka ilmu dan wawasan yang Anda miliki pun juga otomatis akan bertambah. Terlebih lagi jika blog Anda tersebut juga membahas berbagai macam tema atau niche sekaligus, maka ilmu dan wawasan yang Anda dapatkan juga bertambah dari berbagai macam jenisnya.

8. Sebagai Media Promosi Online

Blog bisa dipakai sebagai media promosi ? Tentu saja bisa, apabila pengunjung tetap yang Anda miliki sudah terbilang banyak maka Anda pun akan dapat dengan mudah melakukan promosi online kepada pengunjung blog Anda tersebut. Anda bisa mempromosikan apa saja dalam blog Anda seperti produk dan jasa yang Anda miliki. Bahkan dengan demikian produk dan jasa yang anda promosikan pada blog anda akan memperkuat “Branding” di mata konsumen anda.

9. Mendapatkan Penghasilan Tambahan

Blog yang sudah matang dengan traffic pengunjung dengan jumlah banyak dan stabil sudah bisa memberikan penghasilan tambahan bagi Anda. Yup, syarat utama untuk memperoleh penghasilan tambahan dari blog adalah traffic pengunjung. Dari mana datangnya penghasilan ini ? Terdapat beberapa pilihan yang Anda dapat pilih yaitu seperti jualan produk dan jasa Anda di blog, memasang iklan di blog, serta bisnis afiliasi.

10. Lebih Dikenal Banyak Orang

Anda ingin populer dan lebih dikenal banyak orang layaknya artis ? Blog pun bisa membawa Anda kesana apabila Anda bisa menyajikan konten yang menarik, bermanfaat serta menghibur para pengunjung blog Anda. Ditambah lagi dengan melakukan Blog Walking, aktif di forum dan sosial media yang ramai dengan mempromosikan konten yang ada di blog Anda. Maka lambat laun Anda makin banyak dikenal orang, baik dari relasi online dan juga pengunjung yang mengunjungi blog Anda tersebut. Bahkan tidak mustahil hal tersebut akan membawa Anda ke tingkat kepopuleran setaraf artis. Sebagai contoh nyatanya adalah Raditya Dika, ia merintis kepopulerannya berawal dari blog, kemudian menulis buku, dan berlanjut sampai dengan ke seni peran dan modelling.

11. Ikut Membantu Orang Lain

Konten yang berisikan informasi yang bermanfaat akan sangat membantu orang lain. Di era digital ini orang-orang sudah memiliki ketergantungan pada internet. Berapa banyak orang yang mencari segala sesuatunya di internet via Google termasuk anda dan saya sendiri tentunya. Tidak tertutup kemungkinan informasi berharga yang dibutuhkan orang lain tersebut didapatinya pada blog anda. Dengan demikian manfaat blog tersebut juga berguna bagi orang lain karena sudah membantu orang lain tersebut melalui blog yang anda miliki. Dengan kata lain dari sisi religi blog tersebut akan menjadi lumbung amal bagi anda sendiri, semakin banyak orang yang merasa terbantu maka semakin banyak pula anda beramal. Bahkan jika blog tersebut terus berdiri online meskipun anda telah wafat, maka amal tersebut akan terus mengalir kepada anda, fantastis bukan ?

Demikianlah manfaat blog dan keuntungan memiliki blog yang telah saya rangkum dari berbagai sumber, adapun segala kekurangan nubie disini meminta maaf karena kesempurnaan hanya milik Allah SWT. Apabila anda berminat untuk membuat blog gratis, anda bisa membuatnya di Blogger.com, WordPress.com, dan juga Qoeple.com :D. Sampai jumpa lagi !!

Tinggalkan Balasan